Home » » AIR TERJUN MANGKU SAKTI KEINDAHAN YANG TERSEMBUNYI

AIR TERJUN MANGKU SAKTI KEINDAHAN YANG TERSEMBUNYI

AIR TERJUN MANGKU SAKTI KEINDAHAN YANG TERSEMBUNYI

Halo gaes , apa kabar nih ? baik-baik aja kan , oke kali ini saya akan memperkenalkan salah satu destinasi wisata yang paling hits di lombok , yups AIR TERJUN MANGKU SAKTI.

Nama air terjun ini bukannya tanpa maksud. Konon, jaman dulu ada seorang pertapa sakti yang melakukan meditasi di sekitar air terjun. Pertapa tersebut bermaksud menenangkan diri dengan melakukan meditasi di sekitar air terjun. Meditasi tersebut ia lakukan sampai meninggal dunia. Nah, peristiwa itulah yang menjadi latar belakang nama Air Terjun Mangku Sakti, Air terjun ini berlokasi di desa Sajang, kecamatan Sembalun Lawang, kabupaten Lombok Timur, tempat ini baru baru saja populer. 

ya memang sembalun menjadi salah satu tempat yang wajib di kunjungi, desa yang berada di 
bawah kaki gunung rinjani ini memang sangat indah , selain wisata bukit yang tak kalah cantiknya, 
ternyata sembalun juga mempunyai salah satu destinasi air terjun yg tak kalah cantik dengan bukit bukit nya , yups air terjun magku sakti yang berada di desa sajang ini, sekitar 50 km dari pusat kota selong kalo melewati jalur perbukitan sembalun, dengan jalan yang lumayan terjal serta dominasi hawa sejuk. Atau bisa juga melewati jalur pantai timur ke arah utara melewati kecamatan sambelia dengan jarak yang lebih jauh, sekitar 100 km tapi jalannya yang landai dengan dominasi hawa panas. 

Air terjun mangku sakti ini mulai dikelola oleh swadaya masyarakat. Siapin aja duit minimal 10 ribu (buat pengendara motor) atau 20 ribu (buat pengendara mobil). Duit segitu buat parkir dan tiket masuknya. Jadi, untuk kendaraan disini aman karena dijaga langsung oleh masyarakat sekitar. Untuk sebuah tempat wisata air terjun yang indah, duit segini sih gak ada apa-apanya.

Perjalanan dari pintu masuk ke lokasi air terjunnya lumayan jauh, sekitar 4 km. bisa dengan berjalan kaki, bisa juga dengan menggunakan sepeda motor tetapi tidak bisa menggunakan mobil. Kalo mau jalan kaki, yah… siap-siap aja capek buat naik turun. Kalo pake motor? Harus siap juga buat capek. Loh kok bisa? Karena perjalanan disini masih di dominasi oleh tanah kerikil, becek, dan berbatu. buat yang kurang “jokky” pake motor, siap-siap tergelincir gubrak gubrak aja hehehe… tapi tenang, selain perjalanan yang gubrak gubrak gitu, perjalanan ke tempat ini akan dipenuhi oleh padang ilalang yang indah, luas dan hutan yang masih alami.

berhubung saya pake motor, saya pun harus melalui begitu gubrak-gubraknya jalan. dan sesampai di sana ada tempat parkir serta pedagang yang sudah menunggu kalo nanti kelaparan. disana lo bakalan nemuin penanda masuk juga. setelah memarkir motor, harus berjalan lagi menurun sekitar 1 km.

Tapi pastinya setelah sampai di lokasi air terjun, semuanya bakalan terbayarkan. Air terjun yang berwarna jernih kebiruan ketika musim kemarau dan keruh ketika musim hujan ini begitu indah dan alami. pemandangan berupa hutan dan bebatuan sungai akan terlihat di sepanjang aliran sungai menuju lokasi air terjun. Air terjun tunggal dengan ketinggian sekitar 20 meter ini mengalirkan air ke sungai yang ada di sekitar desa sajang.

Nah penasaran kan gimana indahnya mangku sakti ? kalo penasaran semoga foto-foto di bawah ini membuat kalian semakin ingin kesana : 

FOTO AIR TERJUN MANGKU SAKTI 








Nah itu tadi foto-fotonya gaes , gimana ? sudah memasukan air terjun ini sebagai tujuan wisata mu ? kalo sudah , dan berencana mau kesana , ingat utama kan keselamatan ya , dan juga jangan buang sampah sembarangan disana , agar kita tetap nyaman menikmatinya.

Oke lah kalau begitu , sekian dulu postingan kali ini semoga menjadi referensi kalian untuk tujuan liburan , mohon dimaafkan apabila salah penulisan atau kata dan foto yang kurang jelas, mohon di maafkan. TERIMA KASIH !!



FOLLOW ME ON TWITTER        : @GUSTUS_EVAN
FOLLOW ME ON INSTAGRAM  : @GUSTUSEVAN

0 komentar:

Posting Komentar

Instagram : @gustusevan

Instagram
Diberdayakan oleh Blogger.