Home » » AIR TERJUN TIU TEJA SI KEMBAR YANG MENAWAN

AIR TERJUN TIU TEJA SI KEMBAR YANG MENAWAN

AIR TERJUN TIU TEJA SI KEMBAR YANG MENAWAN 


Hallo gaes , apa kabar nih ,, semoga baik-baik saja dan sehat selalu , nah kali ini saya akan menshare sebuah tempat wisata kece yang pastinya ada di lombok , namun tidak seperti postingan - postingan saya sebelumnya , kali ini kita tidak bicara tentang laut dan pantai namun masih berhubungan dengan air hehe. 


Bila berbicara soal Pulau Lombok, gak ada habisnya memang cerita-cerita dari tempat yang sangat keren, baik yang sudah terkenal maupun yang baru muncul di dalam dunia pariwisata Pulau Lombok.
nah Tiu Teja ini berada di Lombok Utara, tepatnya di Desa Santong, Kecamatan Kayangan. Kurang lebih memakan waktu dua jam perjalanan dari Kota Mataram hingga sampai di pintu gerbang air terjun yang baru dibuka beberapa tahun yang lalu. ya kalian sudah tau kan apa yang kita bahas , tepat sekali AIR TERJUN , mungkin banyak mengira lombok itu cuma pantai , eittss jangan salah , lumbok juga punya air terjun yang indah bahkan , ga cuma airterjun tiu teja ini doang.

Oke langsung saja kita bahas tentang air terjunnya, Air terjun ini memiliki tinggi terjunan air kurang lebih 50  meter, dengan lebar air terjun sekitar 10 meter. Air terjun Tiu Teja berada di tengah hutan yang masih asri, dengan pohon-pohon tinggi menjulang di sekelilingnya yang dihuni satwa liar yakni monyet berekor panjang (Macaca fascicularis) dan lutung hitam (Trachypithecus) yang hidup dengan bebas di habitatnya.
Kawasan air terjun “Tiu Teja” yang berada pada jarak kurang lebih 3 km dari desa Santong tersebut kini telah dapat dijangkau dengan kendaraan roda dua sampai ke areal parkir gerbang obyek Wisata tersebut. Pengunjung yang membawa kendaraan roda empat, harus turun di batas desa dan berjalan kaki kira-kira 2 km. Cukup melelahkan, karena rutenya terus menanjak. Akan tetapi penduduk sekitar biasanya akan menawarkan jasa ojek hingga ke pintu gerbang air terjun cukup dengan membayar sepantasnya.
Dari gerbang pengunjung harus menuruni jalanan sempit yang cukup curam sekitar 300 meter, yang sejak 2 tahun lalu telah dibuatkan tangga permanen yang memudahkan pengunjung. Nah, di sepanjang tangga menurun inilah kita disuguhi hutan primer serta puluhan monyet ekor panjang dan lutung hitam yang melompat dari dahan ke dahan. Sensasi suara pohon yang berderak digoyang angin, suara monyet yang bermain-main di dahan, akan makin lengkap ketika ditambah suara gemuruh air terjun mulai terdengar sejak 5 menit kita menuruni tangga.

Setelah berjalan sekitar 15 menit, kita sudah sampai persis di depan air terjun tersebut. Benar saja, kelelahan menuruni tangga akan terbayar lunas melihat keindahan dan keunikan air terjun kebanggaan masyarakat Kecamatan Kayangan ini.  Keunikan utama dari air terjun Tiu Teja adalah adanya dua terjunan air yang berdampingan kiri dan kanan, sehingga seringkali air terjun ini disebut Air Terjun Kembar Tiu Teja.
Pada musim penghujan, keduanya mengalir sempurna dengan ukuran sama besar, sedangkan di saat musim kemarau ketika debit air berkurang, terjunan air sebelah kiri hanya mengalirkan sedikit air.

Keunikan lain adalah ketika mendapat sinar matahari, sewaktu waktu akan muncul sinar pelangi diantara bias titik-titik air yang meluncur ke bawah. “Akibat seringnya terlihat sinar pelangi di air terjun, masyarakat setempat akhirnya memberikan nama Air Terjun Tie Teja”. Kata Haji Artim, penjaga Hutan Kemasyarakatan (HKm) Santong, tempat dimana air terjun ini berlokasi. Dalam bahasa lokal-masyarakat Suku Sasak, “Teja” memang berarti Pelangi.

Nah penasaran kan gimana penampakan dari "TIU TEJA" atau "AIR TERJUN PELANGI INI" .
nah berikut ini foto-foto ketika saya dan teman-teman saya berkunjung kesana , jangan ngiri yahh hehe


FOTO-FOTO AIR TERJUN TIU TEJA:















Nah itu tadi penampakannya gaes , gimana ? sudah memasukan air terjun ini sebagai tujuan wisata mu ? kalo sudah , dan berencana mau kesana , ingat utama kan keselamatan ya , dan juga jangan buang sampah sembarangan disana , agar kita tetap nyaman menikmatinya.

Oke lah kalai begitu , sekian dulu postingan kali ini semoga menjadi referensi kalian untuk tujuan liburan , mohon dimaafkan apabila salah penulisan atau kata dan foto yang kurang jelas, mohon di maafkan. TERIMA KASIH !!




FOLLOW ME ON TWITTER       : @GUSTUS_EVAN
FOLLOW ME ON INSTAGRAM : @GUSTUSEVAN







1 komentar:

Instagram : @gustusevan

Instagram
Diberdayakan oleh Blogger.